My Skincare Routine - Normal to Dry Skin

May 24, 2017

I know, I know. Wajahku nggak mulus sama sekali. I feel like I have no right to post something about my skincare routine :p Tapi, kerasa banget setelah (lumayan) rutin merawat wajah sendiri, kulitku mengalami perubahan yang cukup baik. At least beberapa orang terdekatku bilang wajahku lebih cerah (bukan putih ya), padahal mah mungkin karena efek cahaya aja :p

By the way, I have a normal to dry skin. Disclaimer ya, aku bukan pro ataupun ahli dermatologis. I’m just sharing based on my experience. Siapa tau ada yang bisa ambil manfaat dari postingan ini, since almost all of my products are affordable and easy to find :)




  1. First Cleanser: Garnier Micellar Water. Jatuh cinta karena selain harganya terjangkau, dia mampu menghapus kotoran di wajah dengan sangat baik. Bisa jadi alternatif kalau beli Bioderma dirasa terlalu mahal.  
  2. Second Cleanser: Hada Labo Tamagohada Makeup Remover & Face Wash. Sebelumnya aku pakai Pond’s Pure White yang warnanya hitam. Tapi after effectnya nggak kuku, bikin keset banget. Nah si Tamagohada ini karena alcohol free, nggak bikin kulit kering malah ada kesan lembut setelah pemakaian.
  3. Exfoliating Toner: Benton Aloe BHA Skin Toner. Ini awet banget! Dengan 200ml produk ini belum abis juga padahal udah sekitar 6 bulan dipakai rutin pagi dan malam. Ini bikin kulit seger, berasa bersih setelah dipakai. 
  4. Hydrating Toner: Hada Labo Gokyujun Ultimate Moisturize Lotion. Freaking curious karena banyak banget yang raving sama produk ini. Baru dipakai sekali sih sebenernya, haha. Jadi belum tau hasilnya. Let's see. 
  5. Serum/Face Oil: Herboganic Rosehip Oil. Sebelumnya ragu mau pakai face oil karena takut kerasa greasy banget sehabis dipakai. Yet, si rosehip ini banyak banget manfaatnya. Makanya beli yang size kecil dan harganya murce dulu biar nggak nyesel kalau ga cocok. Surprisingly walaupun dipakai kurang dari seminggu, it does the job dan nggak terlalu greasy! Dari semua rangkaian skincare yang aku lakukan, sejauh ini face oil lah yang paling kerasa manfaatnya. You definitely should try!
  6. Moisturizer: Nivea Cream. Hahaha boongan deng, aku belum punya moisturizer yang benar-benar cocok. Pakai Nivea ini kalau lagi ada bagian wajah yang super kering aja. 
  7. Sunscreen (Day Only): Emina Sun Protection SPF 30. Sadar atau enggak, pemakaian sunscreen adalah yang paling wajib dari semuanya. Malah pernah baca, kalau udah menerapkan setektek bengek skincare di atas tapi nggak pakai sunscreen bakalan percuma. Karena fungsinya adalah memproteksi kulit dari sinar jahat sang matahari yang bisa bikin kulit kita cepet tua dan banyak menimbulkan flek hitam. Sedihnya, setelah skin checking kemarin kulitku berumur lebih tua dari umurku yang sebenarnya. Penyebabnya apa? Ya ini, jarang pakai sunscreen ☹
  8. Mask: Nature Republic Rose Petals & Mustika Ratu Krim Masker Bengkoang. Ini dipakai bergantian seminggu 2-5x (wkwk kebanyakan, jangan ditiru). Kalau lagi pengen kulit lebih lembut dan kenyal, aku pakai si Nature Republic. Kalau lagi pengen lebih cerah, pakai Mustika Ratu. 
  9. Exfoliator: Langkah ini juga gak kalah penting untuk dilakukan. Yang membuat kulit kita terlihat kusam adalah karena sel kulit mati yang masih nempel dan belum tereksfoliasi (CMIIW ya). Aku baru-baru ini scrubbing pakai Oatmeal campur sedikit air 2x seminggu, dan suka banget sama hasilnya. 

Nah sekian teman-teman. Gile kan, ngurus wajah aja ribet? Maklum lah ya emak-emak pengangguran ngapain lagi atuh di rumah kalau udah selesai beberes mah :p Lagipula ini juga salah satu bentuk kita dalam menyayangi diri sendiri. And I’m not really a fan of krim dokter dan perawatan salon, so yeah, I’m giving myself another treatment ;) Anyway, makasih udah baca! :D

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images